Friday, May 3, 2013

Sistem Dashboard Akreditasi Perguruan Tinggi


Sebuah sistem aplikasi berbasis web atau jaringan berupa situs pada suatu internet atau dapat berada di jaringan lokal (intranet). Dengan menggunakan HTML (Hyper Tesk Markup Language) sebagai bahasa standar yang digunakan oleh sebuah browser internet seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan lain-lain. Dan didukung dengan perpaduan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page), Javascript, dan CSS (Cascading Style Sheet), agar situs tersebut menjadi lebih dinamis dan interaktif. Serta dibangun basis data yang sesuai sebagai alat penyimpanan dan perkembangan data dengan menggunakan MySQL yang merupakan perangkat lunak manajemen basis data.
Konten-konten yang dimiliki berupa pengolahan data umum dari kinerja sistem yang meliputi entri, edit, hapus dan penampil data tabel. Yang hanya akan dikelolah oleh jajaran staf didalam Bagian Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP), sebagai pengelolah utama dari sistem ini.
Konten pada sistem pemantauan dan pengukuran akreditasi yang berupa pengolahan data atau pendokumentasian dari pencapaian nilai akreditasi, serta pencanagan program kerja peningkatan dan pemeliharan akreditasi setiap aspek penilaian didalam borang akreditasi meliputi identifikasi masalah, rencana program, kendala pelaksanaan, perkembangan pelaksanaan, dan perimeter perkembangan pelaksanaan. Yang akan di realisasikan ke dalam satu tampilan layar berupa pola diagram dan indikator kinerja dari semua proses perkembangan pelaksanaan program kerja, seperti halnya dashboard atau papan instrumen didalam kendaraan bermotor yang menginformasikan suatu keadaan mengenai kecepatan gerak saat itu, sisa bahan bakar, penyalaan semua lampu didalam motor dan lainnya. Konten tersebut dikelolah oleh setiap kelompok yang memiliki keharusan mengisi borang akreditasi pada prosedur pengakreditasian.
Serta konten untuk tingkat eksekutif atau ketua dari institusi pendidikan tersebut, konten tersebut berupa akses melihat semua data analisa kpi dan papan istrumen tersebut. Dan terdapat konten validasi akun sistem sebagai dasar standar keamanan dan pembagian akses kedalam sistem.



Gambar Login Data panel
Gambar Login KPI panel



Gambar Tampilan pengelolahan data analisa akreditasi
Dapat terlihat dari gambar diatas terdapat kolom indikator yang berisi blok warna gradien seperti pada perancangan sistem, yang menjelaskan tentang pencapaian dari skor aktual terhadap skor target yang direpresentasikan dengan bentuk persentase lalu diproses kedalam pola warna. Serta terdapat kolom program kerja untuk menjelaskan apakah program kerja sudah terisi atau belum.















SOURCE CODE :
MediaFire

No comments:

Post a Comment