Friday, May 3, 2013

APLIKASI BANK SOAL


Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelatihan dan pembelajaran berbasiskan Teknologi Informasi. Semua kurikulum dari pelatihan dan pembelajaran yang tersedia, membutuhkan banyak materi atau bahan yang berupa dokumen yang berbentuk lembaran kertas ataupun berupa file didalam sistem komputer sebagai alat studi pustaka. Dan untuk pengiriman bahan atau materi tersebut dari seorang instruktur pengajar ke pelajar masih terbilang sulit karena belum memiliki sistem yang mengatur dengan baik yang berupa sistem komputerisasinya.
Untuk kenyataannya, penyampaian bahan atau materi tersebut setiap pelajar masih harus meminta langsung kepada instruktur pengajar, hal tersebut membutuhkan waktu dan tidak teratur karena kegiatanya hanya berkumpul disatu tempat dan dan tidak terorganisir.
Maka dari itu diusulkan sebuah sistem suatu aplikasi yang  dirancang untuk mengatur alur data dan file yaitu aplikasi bank soal. Agar memudahkan penyaluran bahan materi pembelajaran tersebut. Dan untuk merancang aplikasi tersebut didapati studi kasus sebagai berikut.
Seorang instruktur pengajar atau staf dapat diibaratkan sebagai Admin yang mengunggah File berbentuk atau berformat .pdf, .doc, .xls, .zip, .rar yang nantinya akan diunduh oleh pelajar yang disimbolkan sebagai User.
Seorang admin sebelum memulai kegiatan didalam sistem harus melakukan validasi untuk bisa masuk kedalam sistem.  Kegiatan seorang admin didalam sistem diantaranya menambah, mencari, menghapus dan mengedit pengguna sistem, serta dapat mungunggah dan mengunduh file. Sebelum file diunggah kedalam sistem, file tersebut harus diberikan informasi untuk menunjukan identitas dan ditujukan kepada siapa file tersebut. Informasi yang harus disertakan diantaranya judul file, nama file, jurusan, tipe kelas, tipe modul, dan tipe soal. Dan seorang admin dapat menambah, mencari, menghapus dan mengedit informasi untuk file tersebut.
Seorang peserta khusus untuk dapat menggunakan sistem ini harus menemui seorang admin agar mendapatkan ID dan PASSWORD untuk melakukan validasi dan menggunakan aplikasi tersebut. Kegiatan seorang peserta khusus didalam sistem ini hanya dapat mencari dan mengunduh file yang tersedia. Dan didalam sistem seorang admin dan user dapat mengubah password yang sedang terpakai.
 
Hasil Rancangan Aplikasi Bank Soal
Aplikasi Bank Soal membutuhkan pembagian hak akses dan kemanan bagi data dan file yang disimpan. Maka dari itu dibutuhkan proses autentikasi atau proses pengidentifikasian pengguna sistem yang biasanya diawali adanya proses login.
Gambar Halaman Login 
Aplikasi Bank Soal terbagi dua akses yaitu admin dan user. Setelah proses login dan pengidentifikasian pengguna sistem maka proses dilanjutkan ke halaman yang ditentukan. Dengan prosedur atau algoritma yang ditentukan proses tidak dapat dimanipulasi.
Sisi Akses Instruktur Pengajar
Setelah melewati proses login dengan data yang valid maka untuk seorang admin akan masuk kedalam halaman Home Instruktur Pengajar. Berisi pilihan-pilihan menu dari content yang disediakan oleh sistem. Diantaranya Ganti password, User, Jurusan, Tipe kelas, Modul, Tipe soal, Soal dan Logout.


Gambar Halaman Home di Akses Instruktur Pengajar
Untuk memulai kegiatannya seorang instruktur pengajar dapat memilih salah satu menu untuk  yang sesuai kebutuhannya dengan sistem ini. Dan untuk keluar dari sistem dapat memilih menu Logout.
Contoh Mengelolah Pengguna Sistem

Gambar Halaman Data Pengguna Sistem
Lalu data Jurusan, Tipe Kelas, Modul, dan Tipe soal yang nantinya dipakai sebagai identifikasi dari file yang akan di unggah juga dapat ditambah, diedit dan dihapus oleh seorang instruktur pengajar.
Gambar Halaman Data Modul
Lalu seorang instruktur pengajar dapat mengakses menu soal untuk mengunggah dan mengedit informasi ataupun menghapus File Soal dan juga dapat mencari serta mengunduh kembali file soal tersebut.
Gambar Halaman Soal di Akses Admin
Gambar Halaman Detail Informasi Soal
Sisi Akses Peserta Khusus
Hal yang sama juga didapati oleh peserta khusus setelah melewati proses login dengan data yang valid masuk kedalam halaman Home User. Berisi pilihan-pilihan menu dari content yang disediakan oleh sistem. Diantaranya Ganti password, Soal dan Logout.
Gambar  Halaman Home di Akses Peserta Khusus
Untuk memulai kegiatannya seorang peserta khusus dapat memilih salah satu menu untuk yang sesuai kebutuhannya dengan sistem ini. Dan untuk keluar dari sistem dapat memilih menu Logout.
Lalu seorang peserta khusus dapat mengakses menu soal hanya untuk mencari serta mengunduh file soal tersebut. Karena seperti pada narasi di perencanaan sistem istilah User disini diibaratkan sebagai pelajar yang mengambil bahan atau mater soal yang telah di unggah oleh seorang instruktur pengajar.
Gambar Halaman Soal di Akses peserta khusus
Halaman-halaman tersebut adalah satu kesatuan dari sistem aplikasi Bank Soal yang sudah ditata sedimikian rupa agar berjalan dengan sesuai seperti kebutuhan yang diinginkan.

SOURCE CODE : MediaFire

No comments:

Post a Comment